Blog

Pengertian Pola Diagram

08/06/2015 14:39

Pola diagram dapat ddefinisikan sebagai pola menjahit baju yang dibuat dengan perbandingan dalam bentuk diagram. Ukuran kotak diagram biasanya dibuat sama sisi panjang dan lebarnya. Misalnya ukuran 2x2, 3x3, atau 4x4. Pola busana wanita yang sudah diubah sesuai model yang diingikan dipindahkan dengan memperhatikan perbandingan kotaknya. Sebagai contoh dalam cara membuat pola baju untuk diagran 4x4. Pola yang dibuat dan dipindahkan pada kertas digambarkan dalam skala 1:8. Seperti halnya contoh pola baju yang dapat digunakan untuk belajar menjahit di rumah, pola diagram juga sering disertakan pada tabloid wanita yang banyak memuat artikel wanita. Untuk mempermudah seseorang dalam membuat pakaian pola diagram biasanya dilengkapi pula keterangan-keterangan bahan atau kain yang disarankan untuk membuat busana, panjang dan lebar kain yang dibutuhkan, pedoman memotong dan menjahit, serta ukuran standar S, M, dan L.

 

Pembuatan Pola Menjahit Baju

09/03/2015 14:54

Kemunculan berbagai macam model pakaian yang trendy dan fashionable, tidak dapat dipungkiri mampu memberikan warna baru dalam arena berbusana terutama bagi para wanita. Dibandingkan pola menjahit baju pria, teknik dan cara membuat pola baju wanita terbilang cukup rumit. Tidak heran jika para desainer dituntut untuk selalu tanggap terhadap berbagai arah dan perubahan dunia mode. Membuat rumus pola busana wanita merupakan salah satu teknik dasar yang dapat dilakukan untuk menciptakan sebuah busana yang tidak hanya indah dilihat tetapi juga nyaman saat dikenakan. Dalam mempelajari cara membuat pola menjahit baju dibutuhkan pula hal-hal lain yang tidak kalah penting, diantaranya berupa:

  • Kemauan keras mempelajari cara membuat pola baju.
  • Memotivasi diri untuk selalu produktif dalam membuat model busana yang berkualitas.
  • Berani berkorban untuk mempersiapkan segala macam peralatan yang dibutuhkan.
  • Menjadikan kesalahan sebagai guru yang paling berharga dalam proses pembelajaran.

Untuk mempelajari cara membuat pola baju selengkapnya, sahabat Fitinline bisa mengunjungi galeri video yang terdapat di website kami. Semoga bermanfaat.

 

Membatik Dengan Teknik Air Brush

16/10/2014 10:53

Belajar membatik dengan teknik air brush atau teknik semprot. Ternyata teknik air brush tidak hanya dapat diaplikasikan pada pengecatan mobil atau motor saja lho namun juga dapat diaplikasikan pada teknik pewarnaan batik. Cara dan alat yang digunakan kurang lebih sama, hanya bahan pewarnanya yang berbeda. Zat pewarna yang dapat digunakan dalam belajar membatik menggunakan teknik air brush bisa berupa napthol, remasol, rapid atau indigosol. Hasil pewarnaan batik yang unik, menarik, dan cukup bervariasi menjadikan teknik membatik menggunakan air brush ini rupanya cukup mencuri perhatian banyak orang untuk mulai belajar membatik. Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari belajar membatik dengan teknik air brush adalah kita bisa menciptakan sendiri motif batik dalam berbagai variasi bentuk dan warna sesuai kebutuhan dengan gradasi dan warna yang tampak lebih menarik, unik dan artistik. Disamping itu belajar membatik menggunakan teknik air brush juga relatif lebih hemat dari segi biaya, waktu, serta proses pewarnaan yang relatif singkat dan tidak terlalu rumit. Sayangnya teknik membatik dengan air brush ini menyebabkan warna batik menjadi tumpang tindih dan meluber kemana-mana.

Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap

18/09/2014 15:00

Tidak bisa dipungkiri bila sebagian besar orang pasti mengalami kesulitan untuk membedakan kain batik tulis dengan batik cap. Secara kasat mata keduanya terlihat sama, namun jika diamati lebih teliti terdapat hal mendasar yang membedakan kedua batik tersebut. Batik tulis yang dibuat menggunakan alat membatik manual berupa canting menghasilkan pola batikan yang tidak beraturan sementara batik cap yang dibuat menggunakan alat membatik berupa cap memiliki keteraturan pola. Sebagai sebuah karya seni, kain batik tulis yang dibuat menggunakan alat membatik berupa canting memiliki nilai yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan batik cap. Proses pengerjaannya yang rumit dan membutuhkan ketelitian yang tinggi sekaligus memakan waktu yang relatif lama menjadikan harga jual batik tulis menjadi sangat mahal. Salah satu kelebihan batik tulis adalah motif batik tulis selalu bolak-balik sehingga dikedua sisi kain.

Menjahit Lengan Setali

29/04/2014 16:09

Belajar cara menjahit baju dengan lengan setali. Lengan setali merupakan jenis lengan yang dibuat menyatu dengan badan, ada yang mempunyai garis bahu dari leher sampai panjang lengan atau tidak mempunyai garis bahu sama sekali (garis bahu dibuat pada lipatan kain). Cara menjahit baju dengan lengan setali pertama-tama satukan garis lengan bagian depan dengan bagian belakang baik pada sebelah kiri maupun sebelah kanan (untuk yang memakai jahitan bahu). Lalu jahit sisi lengan terus ke sisi badan dengan demikian lengan sudah terbentuk. Cukup mudah bukan, cara menjahit baju dengan lengan setali. Anda bisa mempraktekkan cara menjahit baju dengan lengan setali tersebut untuk membuat baju anda sendiri atau membuat baju untuk orang tercinta anda barangkali. Selamat mencoba.

 

Menjahit Baju Dengan Kelim Sumsang

23/04/2014 16:23

Mempelajari cara menjahit baju dengan kelim sumsang. Teknik mengerjakan atau cara menjahit baju dengan kelim sumsang hampir sama dengan teknik mengelim. Cara menjahit baju dengan kelim sumsang caranya lipatkan pinggor rok sesuai dengan lebar yan diinginkan. Kemudian bagian tirasnya dilipat kedalam lebih kurang 1 cm dibantu dengan tusuk jelujur. Selanjutnya bagian ini disum dengan jarum, usahakan lipatan bagian dalam benar-benar rata barulah dijahit dengan jarum tangan. Perbedaannya terletak pada cara memasukkan jarumnya yaitu dua kali dalam satu lubang sehingga benangnya mati dan tidak mudah lepas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari serta mendalami teknik-teknik atau cara menjahit baju ala butik.

 

Cara Simple Membuat Blouse

10/04/2014 08:54

Blouse adalah pakaian berbentuk longgar yang biasa dikenakan untuk menutup tubuh bagian atas. Sahabat fitinline sering merasa kesulitan untuk menemukan blouse yang tepat dan sesuai dengan ukuran badan anda. Nah barangkali menjahit baju sendiri bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dalam membuat baju hal terpenting yang harus diperhatikan adalah pembuatan pola. Bagaimana cara membuat pola baju yang baik dan benar. Kesesuaian ukuran badan dan ukuran pola menjadi faktor penting dalam membuat pola baju. Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mempelajari cara membuat pola baju diantaranya mengukur bagian lingkar dada, lebar bahu, panjang punggung, lebar punggung, tinggi panggul dan kerung lengan. Selanjutnya buat garis bantu pada kertas pola untuk memudahkan cara membuat pola baju. Barulah kemudian membuat gambar pola sesuai dengan model dan ukuran yang telah ditetapkan.

 

Cara Menjahit Baju Bagian Lengan

17/03/2014 10:34

Seperti namanya lengan pada pakaian merupakan bagian yang berfungsi untuk menutupi lengan tubuh. Bagian ini biasanya dipasang secara simetria antara sisi kiri dan sisi kanan. Cara menjahit lengan pada prinsipnya sama dengan cara menjahit baju pada umumnya. Dalam memasang lengan pertama-tama lipat kain lengan menjadi dua bagian untuk mendapatkan titik tengan. Beri tanda titik atau gunting sedikit pada tengah puncak lengan sebagai penanda. Setelah diberi tanda langkah atau cara menjahit baju dan lengan ini dilanjutkan dengan menjahit bagian pinggir lengan dengan kampuh terbuka. Jahit lengan dengan mesin mengikuti tanda garis yang sudah dibuat. Cukup mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi, anda bisa berkreasi dan mempraktekkan cara menjahit baju ini sesuai keinginan anda.

 

Membuat Pola Baju Sendiri

15/03/2014 16:13

Keberadaan fashion dan wanita adalah dua hal yang seolah tidak dapat dipisahkan. Setidaknya pada berbagai kesempatan wanita membutuhkan item fashion yang berbeda untuk menunjang penampilan. Sayangnya tidak semua baju yang dijual di pertokoan sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Kalau sudah begini solusi terbaiknya adalah menjahit baju sendiri. Masalahnya bagaimana cara menjahit baju yang baik dan benar?. Baju yang baik berasal dari pola yang baik. Jadi hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana cara membuat pola baju yang sesuai dengan ukuran badan. Bagi anda yang masih awam dan tidak mengetahui seluk beluk menjahit bisa mendapatkan videro tutorial cara menjahit baju di fitinline. Selain dikemas dengan konsep yang unik dan menarik cara-cara menjahit yang disajikan juga mudah untuk diikuti.

 

Kain Taslan Eksklusif

06/03/2014 11:11

Kain taslan adalah bahan anti air yang dikenal paling eksklusif. Sebenarnya bahan taslan ini banyak macamnya seperti taslan salur, taslan korea, taslan Lokal, atau taslan yang lain. Untik mendapatkan kain taslan cukup mudah, anda bisa berbelanja di toko online yang melayani jual kain taslan murah. Produk kain taslan yang berkualitas biasa digunakan untuk bahan jaket. Kain ini memiliki berbagai variasi warna yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan dapat dijumpai diberbagai layanan jual kain taslan murah. bagi anda yangberkeinginan membeli kain taslan pastikan anda berbelanja di toko jual kain taslan murah yang sudah terpercaya.

 

1 | 2 | 3 >>